GALERI JILBAB ZAHRA | Galeri of Niqob | Jual Aneka Jilbab Panjang

Jilbab Muslimah

Posted on: Januari 4, 2011

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS. Al Ahzaab (33) : 59)

Sahabat, mungkin ayat Al-Qur’an dalam surat Al Ahzab di atas sering kita dengar ya. Itulah kenapa sekarang kita bisa melihat sudah banyak sekali wanita yang mencoba mentaati perintah dalam ayat itu dengan berjilbab dalam keseharian mereka. Walaupun kata jilbab sudah tidak asing di telinga kita, tapi ternyata masih banyak juga lo di antara kita yang masih punya pemahaman yang kurang benar tentang jilbab. Masih banyak diantara kita yang rancu antra jilbab dan kerudung. Wah, berarti antara kerudung dan jilbab itu beda dong? kalau begitu yang disebut jilbab sebenarnya yang seperti apa sih? Kenapa sih kok kaum hawa diwajibkan untuk memakai jilbab dalam kesehariannya? Kemudian dasar hukumnya apa ?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering muncul dalam benak kita para muslimah. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk bisa mengetahui dasar-dasar hukum berjilbab agar lebih matap lagi dalam melaksanakan perintah Allah itu. Kita belajar barenag yukkk…^_^

1. Pengertian Jilbab

Kita tahu bahwa islam adalah agama yang bersifat universal, maksudnya seluruh aspek kehidupan kita diatur lengkap dalam islam. Mulai mau tidur sampai masuk ke kamar mandi semuanya lengkap ada tutunannya dalam agama mulia kita itu. Termasuk di dalamnya terdapat aturan/hukum-hukum yang mengatur masalah pakaian baik itu untuk laki-laki maupun untuk perempuan. Sebagaimana disebutkan di dalam Al Qur’an Inti dari fungsi pakaian itu sendiri adalah digunakan sebagai penutup aurat.

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian untuk menutupi ‘auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (QS. Al A’raaf (7) : 26-27)

 

Nah setelah kita semua tahu bahwa fungsi pakaian adalah untuk menutupi aurat, sekarang yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah mana sih batas-batas aurat laki-laki dan juga perempuan?

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Ahmad, dan Hakim, aurat laki- laki adalah dari pusar sampai dengan lutut. Sehingga bagian itulah yang harus ditutup bagi laki-laki sedangkan bagian yang lainnya boleh ditampakkan.

Dari Muhammad bin Jahsy berkata : “Rasulullah lewat di depan Ma’mar kedua pahanya terbuka, maka sabdanya : Hai Ma’mar ! Tutuplah kedua pahamu karena paha itu aurat” (HR. Bukhari, Ahmad, Hakim)

Lalu dimanakah aurat wanita itu ? Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dikatakan bahwa aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan hingga pergelangan tangannya.

“Hai Asmaa’ ! Sesungguhnya seorang perempuan apabila telah datang waktu haidh, tidak patut diperlihatkan tubuhnya melainkan ini dan ini (Rasulullah berkata sambil menunjuk muka dan kedua telapak tangannya hingga pergelangannya)”

(HR. Abu Dawud dari Aisyah r.a)

Di dalam Al Qur’an Allah berfirman yang artinya :

“Katakanlah kepada wanita yang beriman:”Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka.Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. An Nuur (24) : 31)

Dari uraian di atas kita bisa tahu bahwa yang disebut jilbab adalah pakaian yang lapang yang menutup aurat wanita (seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan sampai pergelangan tangan). Seangkan Kerudng merupakan kain yang digunakan untuk menutupi kepala, leher, hingga dada saja. Jelas sudah ya sahabat berarti jilbab tidak sama dengan kerudung. Jadi bisa dikatakan bahwa seseorang yang mengenakan jilbab pasti berkerudung tetapi orang yang berkerudung belum tentu berjilbab.

2. Kewajiban berjilbab bagi muslimah

Seorang muslimah adalah seorang wanita yang mengaku dirinya beriman kepada Allah dimana keimanannya itu diyakini dalam hati, diikrarkan dengan lisan kemudian diwujudkan dengan perbuatan sehari-hari. Dan pengamalan dari keimanan ini adalah dengan menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Memakai jilbab bagi seorang wanita merupakan perintah dari Allah SWT yang hukumnya wajib yaitu kalau dikerjakan akan mendapat pahala dan kalau ditinggalkan akan berdosa. Hal ini didasarkan atas perintah Allah dalam surat Al Ahzaab ayat 59 dan surat An Nuur ayat 31 yang sudah saya kutip diatas.

Dari dua ayat itulah jelas bahwa Allah mewajibkan wanita beriman untuk mengenakan jilbab/kerudungnya kecuali kepada orang-orang tertentu seperti yang tercantum dalam surat An Nuur : 31 diatas yaitu :

“Dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita”

Jadi sayang sekali ya kalau sebagai seorang muslimah kita hanya memakai jilbab untuk kepentingan-kepentingan tertentu saja misalnya pada waktu sekolah, mengajar, kuliah, dsb. Tetapi diluar itu saat keluar rumah kita tidak memakai jilbab.

Marilah kita perhatikan dan kita renungkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Turmudzi dari Ibnu Mas’ud :

“Perempuan itu adalah aurat, maka apabila ia keluar dari rumahnya maka syetanpun berdiri tegak (dirangsang olehnya)” (HR. Turmudzi)

 

Jadi dengan siapapun kita berggaul dan dimanapun kita berada kita harus tegak tidak hanya jadi follower para pengikut sekularisme tapi kita bisa jadi trendsetter para muslimah yang sesuai dengan tuntunan islam. Semoga kita semua diberi keistiqomahan dalam berjilbab ya sahabat. Amin

Koleksi Jilbab Zahra

2 Tanggapan to "Jilbab Muslimah"

buk, gaya tulisannya serius, maybe dirimu cocok nulis berbentuk ensik.
trus penerbit yg Insya Allah cocok spertinya Gema Insani Press. coba gabung di FB, aku lali alamate, Insya Allah mreka mencari tulisan2 sperti ini, hanya sj kurang banyak ini *ya iyalah namanya jg di blog* hehe

sukses yaaaa
😀

klo kebanyakan nulisnya ntar orang kesyikan baca artikel trus ndak jadi beli jilbabnya Bundo…hehhehe…^_^
Amin Bun doain selalu biar impianku yang satu itu bisa kesampean juga yach…
Thax a lot ya Bundoku sayang…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Follow Us on Instagram

Warning buat kita semua y ukhty...Biar ibadah kita tak jadi fatamorgana...^^ #hijrahku #muslimahsholihah #bidadarisyurga

FAST ORDER VIA YM : zahragalerimuslimah@ymail.com

cs1_hijabzahra@yahoo.com

cs2_hijabzahra@yahoo.com

ORDER VIA EMAIL

zahragalerimuslimah@ymail.com

HUBUNGI KAMI

SMS Center & Line
INDOSAT: 085755067884

CALL ONLY
OFFICE: (0341) 513124

BBM CS 1: 5A8EE82E

WhatsApp: 081232751400

Perintah Berjilbab

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: ”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
(QS. Al Ahzaab (33) : 59)

Kalimat Hikmah Cina

Kau tidak dapat menghindari burung kesedihan terbang diatas kepalamu, tapi kau dapat mencegahnya bersarang dirambutmu.

Masukkan alamat Email Anda untuk menerima pemberitahuan tentang produk terbaru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.818 pengikut lainnya

EXPEDISI YANG KAMI GUNAKAN

Hijab Lovers

  • 817,685 hits

Elzahra Group Present

%d blogger menyukai ini: